Rabu, 06 Juli 2011

SISTEM HIDROLIK

Pengertian Sistem Hidrolik
Sistem hidrolik adalah sistem penerusan daya dengan menggunakan oli. Minyak mineral adalah jenis fluida yang sering dipakai. Prinsip dasar dari sistem hidrolik adalah memanfaatkan sifat bahwa zat cair tidak mempunyai bentuk yang tetap, namun menyesuaikan dengan yang ditempatinya. Zat cair bersifat inkompresibel. Oleh karena itu tekanan yang diterima diteruskan ke segala arah secara merata.

Sistem hidrolik biasanya diaplikasikan untuk memperoleh gaya yang lebih besar dari gaya awal yang dikeluarkan. Fluida penghantar ini dinaikkan tekanannya oleh pompa yang kemudian diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur maupun naik dan turun sesuai dengan pemasangan silinder yaitu arah horizontal maupun vertikal.

Dasar-Dasar Sistem Hidrolik
Prinsip dasar dari sistem hidrolik berasal dari Hukum Pascal, pada dasarnya menyatakan dalam suatu bejana tertutup yang ujungnya terdapat beberapa lubang yang sama maka akan dipancarkan kesegala arah dengan tekanan dan jumlah aliran yang sama. Dimana tekanan dalam fluida statis harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:

a. Tidak punya bentuk yang tetap, selalu berubah sesuai dengan tempatnya.
b. Tidak dapat dimampatkan.
c. Meneruskan tekanan ke semua arah dengan sama rata.

apabila dua buah silinder berisi cairan yang dihubungkan dan mempunyai diameter yang berbeda. Apabila beban F diletakkan di silinder kecil, tekanan P yang dihasilkan akan diteruskan ke silinder besar ( P = F/A, beban dibagi luas penampang silinder ) menurut hukum ini, pertambahan tekanan dengan luas rasio penampang silinder kecil dan silinder besar, atau F = P.A.

2 komentar:


  1. Sehubungan dengan semakin pesatnya pertumbuhan indrustrisasi di Indonesia yang tampak jelas terlihat dengan bertambah banyaknya pendirian pabrik-pabrik baru maupun
    perluasan produksi, COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, FILTER UDARA dan CHILLER adalah merupakan pendukung yang sangat penting untuk mesin-mesin produksi
    diberbagai industri tersebut. Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan kepada anda produk kami yang kompetitif dalam harga juga hemat energi berupa :

    - "LINGHEIN" AIR COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, AIR FILTER
    - DESICANT DRYER
    - TOOLTEMP CHILLER dan HERO-TECH CHILLER

    Apabila Anda memerlukan informasi yang lebih jelas, silahkan menghubungi dan kami akan membantu anda. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih
    PT. AIRINDO MITRA UTAMA

    Hormat Kami,
    Marhadi Wahyu D - Linghein Compressor
    Sales Engineering
    PT. AIRINDO MITRA UTAMA
    Komplek Apartement Istana Harmoni Lt. 1 Blok 2U
    Jl. Suryopranoto No. 2 - Jakarta Pusat 10130
    Mobile : +62856 95 123 006
    Email : sales02@airindo.co.id

    BalasHapus
  2. Dear, Bapak / Ibu
    Purchasing Dept / Bagian Import

    Perkenalkanlah kami , Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU mengajukan penawaran Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya : PT. SUN Logistics Indonesia

    - Service Kami :
    - Air & Sea Freight (LCL & FCL)
    - Bonded Warehousing
    - Customs Clearance
    - Door To Door Service
    - Domestics Service
    - Undername / Consignee
    - Borongan / All-In
    - Trucking
    - Transfer EDI / PIB
    - Import Sea Freight & Air Freight Service
    - Export Sea Freight & Air Freight Service
    - Import Consolidation

    Untuk jenis barang yang ada izin di import ke perusahaan kami (Undername / Consignee) HS Kode : 2403 s/d 2801, 3826 s/d 3901, 4017 s/d 4601, 8401 s/d 8548 dan lainnya, Serta izin dari Comonity barang tersebut.
    Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainnya.
    Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainnya.

    Thank & Regards
    Agus

    Untuk informasi lebih lanjut dapat mehubungi kami :

    PT. SUN Logistics Indonesia
    Jl. Cipinang Muara Raya No. 19 Jakarta Timur 13420 – Indonesia
    Mobile : 0852 0657 9600 (WA)
    Phone : 021 – 860 3191 (Hunting)
    Fax : 021 – 860 3196
    E-mail : import.sun328@gmail.com

    BalasHapus